Senin, 18 Maret 2013

komplang makanan khas bangka

kemplang makanan ringan yang ada di bangka

Add caption
Kemplang adalah panggilan penduduk pulau bangka untuk sebuah makanan ringan yang terbuat dari ikan, cumi, ataupun udang. Di pulau jawa atau tempat lainnya lebih dikenal dengan nama kerupuk. Kemplang disini hampir dengan kerupuk pada umumnya, yang membedakan adalah rasanya yang begitu enak dan gurih. Kemplang merupakan salah satu makanan khas Kabupaten Bangka yang sudah cukup terkenal karena jika mahasiswa rantau yang merantau ke pulau jawa sering membawakan kemplang ini sebagai oleh-oleh. Selain itu para wisatawan yang berkunjung ke pulau bangka juga sering menjadikan kemplang ini sebagai oleh-oleh. Memang sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena rasanya yang begitu khas serta ringan untuk dibawa bepergian.

Jenis makanan ini banyak dijumpai di toko-toko tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Bangka. Industri usaha pembuatan kemplang masih tergolong dalam industri rumah tangga dimana sebagian besar diusahakan oleh kaum ibu-ibu rumah tangga. Sedangkan daerah sentra pembuatan kemplang di Kabupaten Bangka adalah Kecamatan Belinyu, Sungailiat dan Merawang. Namun yang paling terkenal di Kabupaten Bangka adalah kemplang Belinyu yang memiliki ciri khas dan rasa yang enak. Dengan resep dari masing-masing keluarga yang diturunkan secara turun temurun.
 
Kemplang termasuk kedalam makan selingan atau dapat juga sebagai lauk pauk. Bahan dasar yang digunakan adalah ikan dan tepung tapioka. Namun dapat pula ikan diganti dengan udang atau cumi-cumi. Ikan yang paling sering dijadikan kemplang adalah ikan tenggiri. Ikan yang suda digiling/dihaluskan dicampur dengan sedikit demi sedikit tepung tapioka dan beberapa bumbu lainnya hingga adonan pas serta siap untuk dibentuk lenjeran. Kemudian lenjeran tersebut di rebus hingga matang dan menjadi kelesan (Pempek.red*). Tiriskan hingga benar-benar kering dan potong tipis-tipis, setelah itu dipanaskan/dijemur di terik matahari selama 1-2 hari jika cuaca mendukung.
komplang panggang

Setelah proses diatas selesai, tinggal pilih cara menghidangkannya. Bisa dengan cara digoreng dengan minyak panas, bisa di oven, atau bisa juga di panggang dibara api. Yang unik cara penyajiannya adalah kemplang panggang, atau masyarakat belinyu menyebutnya dengan kemplang goreng pasir. Disebut seperti itu karena memang cara penyajiannya digoreng diatas pasir panas. Pasir bersih yang diambil dari dasar pantai kemudian dikeringkan terlebih dahulu dibawah terik matahari. Setelah itu baru di letakkan diatas wajan dan dipanaskan dengan menggunakan kompor. Masukkan kemplang mentah tadi ke pasir yang sudah benar-benar panas sambil dibolak balik hingga benar-benar matang. Namun harus hati-hati, jika tidak bisa menggunakan teknik ini kemplang akan menjadi keras dan sulit untuk dimakan.

Jika Anda berminat dan ingin mencoba kemplang ini silahkan cari di sentra oleh-oleh khas Bangka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar